YTUBE
Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa Anwar Sadat Apresiasi Peran LDII dalam Syiar Islam di Tanjab Barat Anwar Sadat Kembali Gelar Nobar Timnas Indonesia, Sediakan Doorprize Pemkab Tanjab Barat Peringati ‘May Day’ dengan Sosialisasi dan Baksos

Home / Berita / Tanjab Barat

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:37 WIB

Wabup Susur Sungai Ekspedisi Batanghari Rangkaian Kegiatan Kenduri Swarnabhumi 2023

PESISIRJAMBI.id – Mewakili Bupati, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Hairan, SH, ikuti kegiatan Susur Sungai Ekspedisi Batang Hari rangkaian dari Kenduri Swarnabhumi Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Mangrove Pangkal Babu, Desa Tungkal I, Rabu (09/08).

Kegiatan yang termasuk dalam rangkaian Festival Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini diawali dengan fun bike dari Alun alun Kota Kuala Tungkal menuju Mangrove Pangkal Babu dan dilanjutkan dengan penanaman mangrove serta pelaksanaan tradisi masyarakat Pangkal Babu yaitu “Maccerak Parrek”.

Wakil Bupati Tanjab Barat, Hairan, ditemui disela kegiatan, mengucapkan terimakasih kepada tim Ekspedisi Batanghari yang telah memilih lokasi ekowisata Mangrove Pangkal Babu sebagai lokasi susur sungai di rangkaian eskpedisi Batanghari Tahun 2023.

BACA JUGA  Anwar Sadat Buka Bersama Golkar, Sinyal Koalisi di Pilkada 2024?

“Kami meramaikan dan mengisi kegiatan Kenduri Swarnabhumi pada hari ini, dengan melaksanakan fun bike, penanaman mangrove dan tradisi budaya kami di Pangkal Babu yang bernama Maccerak Parrek kebiasaan Suku Bugis yang bermakna bersih bersih parit” ujarnya.

Wakil Bupati, juga menyampaikan, bahwa mangrove ini patut untuk dijaga dan dilestarikan ke anak cucu karena memiliki peran yang sangat penting yaitu mampu memproduksi oksigen sehingga menghasilkan udara segar.

“Kita berharap mangrove/bakau yang kita tanam sekarang bisa diwariskan ke anak cucu dimasa mendatang. Oleh karena itu dalam rangka kegiatan Kenduri Swarnabhumi dan Festival Pengabuan ini masih banyak budaya yang mesti kita jaga dan lestarikan” harapnya.

Sebelumnya, Direktur Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengatakan bahwa wisata Mangrove Pangkal Babu merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia.

BACA JUGA  Bupati Anwar Sadat Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas dan Otda

“Penanaman mangrove di Tanjung Jabung Barat ini adalah sesuatu yang baik sekali untuk memperbaiki alam, yang mana kita tahu sekarang terjadi elnino yaitu pemanasan global dan bagi yang didaerah pesisir penanaman mangrove adalah salah satu untuk mencegahnya dan mangrove juga bisa berdampak kepada potensi ekonomi”

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga alam, menjaga kelestarian sekaligus menjaga budaya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Tanjung Jabung Barat, Direktur Perfilman, Musik dan Media Kemendikburistek, Christina Hakim, Kapolsek Tungkal Ilir, Kepala OPD Tanjung Jabung Barat, Camat,Tim Ekspedisi Batanghari Tahun 2023, Kepala Desa serta masyarakat setempat dan undangan lainnya.(*/)

 

Share :

Baca Juga

Berita

Atlet Panahan Tanjab Barat Kembali Raih Medali di Peparprov Jambi 2023

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Apresiasi Pandangan Umum Anggota DPRD

Berita

Bupati Anwar Sadat Safari Jumat di Masjid Al-Muhajirin Desa Tanah Tumbuh

Berita

Bupati Tanjab Barat Apresiasi Stand Pekan Aksi Literasi

Nasional

Bahas Batas Daerah, Bupati Tanjab Barat Kunjungi Kemendagri

Berita

M Adib Mubarak Terpilih Aklamasi Nahkodai Karang Taruna Tanjab Barat

Berita

Konsolidasi Partai Golkar, Bupati Tanjabbar: Kedepankan Akhlakul Karimah

Pemerintahan

Wabup Tanjab Barat Hadiri Rakornas PBJ Pemerintah 2023