YTUBE
Bupati Buka Musrenbang RPJPD Tanjab Barat 2025-2045 Bupati Tanjab Barat Pimpin Upacara Peringatan Hari Otda 2024 Anwar Sadat Pastikan Jalan Simpang BGP – Batas Kota Kuala Tungkal Mulai Diperbaiki Bupati Tanjab Barat Tinjau Kesiapan TPU Desa Sialang Bupati Tanjab Barat Tutup Safari Ramadan di Kecamatan Merlung

Home / Berita / Pendidikan / Tanjab Barat

Jumat, 8 Maret 2024 - 17:36 WIB

Bupati Resmikan Peluncuran Buku Batik Tanjab Barat

PESISIRJAMBI.id – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., resmikan peluncuran buku Batik Tanjung Jabung Barat serta menyerahkan bantuan buku dan alat permainan edukasi kepada perpustakaan desa, di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjung Jabung Barat. Kamis (7/3)

Bupati Tanjab Barat, Anwar Sadat dalam sambutannya menyampaikan bahwa perpustakaan mengemban amanah sebagai tempat pembelajaran dan kemitraan yang dikelola secara profesional dan terbuka bagi masyarakat. Hal ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dirinya mengungkapkan, batik Tanjab Barat menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan. Hampir di setiap kecamatan telah berdiri sentra-sentra batik yang diinisiasi oleh masyarakat dan menjelma menjadi kekuatan ekonomi yang menopang perekonomian masyarakat, khususnya para pengrajin batik.

BACA JUGA  Wakil Bupati Hairan, SH Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

“Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Tanjung Jabung Barat dan kantor bahasa provinsi Jambi yang telah membuat kerja sama dan berinovasi sehingga terbitnya buku batik Tanjung Barat ini,” ucapnya.
Bupati berharap kepada perpustakaan desa yang menerima bantuan agar dapat mengembangkan perpustakaan desa dalam rangka meningkatkan budaya baca masyarakat desa. Selain itu, diharapkan perpustakaan desa dapat mengaktifkan kegiatan dengan melibatkan masyarakat untuk menjalankan program perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Erlinawaty, SH., menyampaikan dalam laporannya bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kantor Bahasa Provinsi Jambi telah bekerja sama menerbitkan buku tentang batik Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Buku ini menggali kekayaan motif batik Tanjung Jabung Barat dari awal hingga kini dan mengungkap filosofi di balik motif-motif tersebut. Hal ini diharapkan menjadi sumbangan besar bagi masyarakat Tanjung Jabung Barat dan turut melengkapi kekayaan batik Indonesia sebagai salah satu warisan dunia.

BACA JUGA  Bupati Buka Rapat Evaluasi Pencegahan dan Penanggulangan Stunting TA 2022

Erlinawaty juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini guna mengoptimalkan peran perpustakaan dalam mendukung pelestarian hasil budaya daerah dan memperdayakan masyarakat dalam pengembangan diri serta potensi yang ada di daerah, sekaligus meningkatkan kualitas hidup.

Turut hadir, Asisten III, Kepala OPD, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, tim penyusun buku batik Tanjung Jabung Barat, para kepala desa dan pengelola perpustakaan desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(*/)

 

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Anwar Sadat Minta Warga Desa Sungai Rambai Jaga Lahan Pertanian

Tanjab Barat

Sunatan Masal Desa Karya Maju, Bupati Tanjab Barat Bagi Bingkisan

Peristiwa

Buka TC Ketiga, Bupati Harap Lahirkan Generasi Emas Qori-Qoriah Tanjab Barat

Berita

Bupati Anwar Sadat Lantik 9 Pejabat Eselon II di WFC

Berita

Bupati Tanjab Barat Dampingi Gubernur Jambi Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

Berita

Wabup Hairan Sambut Kunjungan Safari Ramadhan Gubernur Jambi

Nasional

Bahas Batas Daerah, Bupati Tanjab Barat Kunjungi Kemendagri

Ekonomi

Bupati Apresiasi Peran BRI Dukung Perekonomian Tanjab Barat