•    YTUBE
Serahkan 1.467 SK, Anwar Sadat Harap Dedikasi PPPK untuk Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Buka Pelatihan Berbasis Kewirausahaan Membatik 2024 Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa Anwar Sadat Apresiasi Peran LDII dalam Syiar Islam di Tanjab Barat

Home / Pendidikan

Senin, 18 Oktober 2021 - 11:08 WIB

Resmikan Pendirian Kampus ITB, Al Haris Ingin Pemerataan Pendidikan Di Wilayah Barat

SAROLANGUN, pesisirjambi.id – Gubernur Jambi Al Haris kunjungi Kabupaten Sarolangun dalam agenda resmikan Pendirian Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Sarolangun (ITB-MS), Minggu (17/10/2021).

Dalam sambutannya Al Haris mengungkapkan rasa syukurnya karena di Singkut akan memulai sejarah baru, yaitu pendirian kampus Institut Teknologi Bisnis Muhammadiyah Sarolangun. Al Haris mengatakan sejarah baru sebab
wilayah barat ini masih ketinggalan SDM-nya. SDM itu tertumbuk di bagian timur tepatnya Kota Jambi dan di Muaro Jambi.

“Kampus-kampus besar ada di Muaro Jambi dan kota Jambi mulai dari UIN, Unja, semua tertumpuk pada daerah itu. Sementara itu di wilayah barat hanya punya 1 yang negeri yaitu IAIN Kerinci, selebihnya Swasta. Dan juga kampus di Sarolangun sedang persiapan menuju IAIN begitu juga di Merangin, Muaro Bungo juga sudah Lumayan hari ini. Makanya memang agar kesenjangan SDM kita ini berimbang tentu perlu pemerataan ini juga menjadi pusat pendidikan, pusat pengembangan SDM maka jawabannya adalah hari ini berdiri Perguruan Tinggi Institut Teknologi Bisnis Muhammadiyah di Sarolangun,” jelasnya.

BACA JUGA  Wakil Bupati Hairan Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala Lapas IIB Kuala Tungkal

Gubernur Al Haris berharap Kampus ITB ini memang untuk jurusan bisnis yang dipusatkan di Sarolangun, sehingga anak-anak dari Kerinci, Merangin dan Muara Bungo bisa kuliah ditempat kita ini. Dan kita berharap SDM dan pembangunan SDM tidak tertumpu di timur saja tapi juga di barat harus jadi penerus kedepan.

“Kemajuan suatu negeri itu ditandai dengan SDMnya sudah maju itu tidak bisa di pungkiri. Hari ini Jambi masih jauh tertinggal SDM nya, maka dari itu Kami dari Pemerintah Provinsi Jambi mempunyai Program Menyekolahkan Anak Jambi hingga S3 baik itu didalam negeri maupun diluar negeri. Saat ini untuk Dosen S3 kita masih rendah di Jambi ini. Oleh Karena itu, Muhammadiyah ini punya track record yang cukup bagus dalam bidang pengembangan SDM. Kita mengakui bahwa manajemen pendidikan yang diusung oleh muhammadiyah ini sangat bagus, saya percaya Muhammadiyah ini akan berkembang dan menjadi Perguruan Tinggi terbesar di Jambi,” ujarnya.

BACA JUGA  Raimuna Cabang Tanjab Barat Tahun 2023 Resmi Dibuka Wabup

Selain Program S3, Gubernur Al Haris juga menyiapkan Program Usaha Kreatif Milenial. “Kami juga akan memberikan Bantuan Modal untuk anak-anak Milenial yaitu UKM (Usaha Kreatif Milenial) yang diberikan untuk 100 Milenial di Jambi. Tujan kami adalah anak anak kita bisa memulai usaha sambil kuliah” jelasnya.

“Kedepannya saya berharap dengan Adanya Kampus Institut Teknologi dan Bisnis ini bisa mendidik orang untuk memiliki kemampuan, memiliki petensi dan skill sehigga nanti banyak lapangan pekerjaan yang terbuka. Dan kedepannya kita sudah memulai mendidik generasi yang tidak lagi sibuk menghabiskan Sumber Daya Alam kita,” tutupnya. (RT)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Buka FASI Tingkat Kab. Tanjab Barat, Wagub Harap Bisa Berprestasi Hingga Nasional

Berita

Bupati Anwar Sadat Buka SMANSA EXPO FESTO FANSIA dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022

Berita

Pemkab Tanjab Barat Jalin Kerjasama Dengan STIKBA Jambi

Berita

Sukses, Ribuan Guru dan Siswa Nonton Bareng Webinar Literasi Digital Tanjab Barat 2023

Pendidikan

Bupati Tanjab Barat Serahkan 300 SK Pengangkatan PPPK Guru Formasi 2022

Pendidikan

Raimuna Cabang Tanjab Barat Tahun 2023 Resmi Dibuka Wabup

Pendidikan

Wabup Tanjab Barat Buka Pembekalan KKN Tematik Posdaya Universitas Batanghari

Daerah

Pemuda Dan Gerakan Perubahan