YTUBE
Pejabat Tanjabbar Diklat Revolusi Mental, Anwar Sadat: Ikhtiar Membangun Karakter ASN Serahkan 1.467 SK, Anwar Sadat Harap Dedikasi PPPK untuk Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Buka Pelatihan Berbasis Kewirausahaan Membatik 2024 Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa

Home / Berita / Daerah / Jambi

Jumat, 3 Juni 2022 - 09:28 WIB

Sufrayogi Syaiful Ajak Mahasiswa UNJA Peka dengan Isu Politik Global

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Sufrayogi Syaiful
menjadi pemateri dalam kuliah umum Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Sufrayogi Syaiful menjadi pemateri dalam kuliah umum Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi

JAMBI – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Sufrayogi Syaiful ajak mahasiswa Universitas Jambi peka dengan isu politik global.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pemateri dalam kuliah umum Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi dalam rangka mendukung upaya menciptakan lulusan yang memiliki daya saing dalam dunia pekerjaan dengan tema Persaingan Global, Politik dan Fresh Graduate, Kamis (2/6/2022).

Kuliah umum yang digelar di Aula lantai II Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Politik (Jisipol) dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr Arfa’i., S.H. M.H serta Ketua Program Studi Ilmu Politik, Moh. Arief Rakhman, S.IP., M.I.Pol dan dipandu Moderator Dori Efendi, Ph.d dan diikuti oleh mahasiswa Jisipol baik secara langsung maupun melalui zoom.

BACA JUGA  Bupati Hadiri Pengukuhan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanjab Barat

Selaku Moderator, Dori menjelaskan mahasiswa Jisipol harus mampu menganalisi situasi perpolitikan yang sedang memanas, Utamanya, perang yang sedang terjadi di Ukraina.

“Perang antara Ukraina dan Rusia diawali dengan perang kepentingan yang tidak terelakkan lagi, motif utamanya tentu ekonomi,” ungkapnya.

Sedangkan Yogi Dalam paparannya menjelaskan bahwa konflik di antara Ukraina dan Rusia memberikan pengaruh kepada Indonesia.

“Pengaruhnya cukup besar terhadap situasi Indonesia, terutama dalam masalah ekonomi dan politik, ini bisa dilihat dari proses akan dilaksanakannya pertemuan G20 di Indonesia,” katanya.

Sebagai mahasiswa Jisipol kata Yogi penguasaan terhadap analisis politik dan teknologi menjadi suatu keharusan yang harus dimiliki.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Terima Audiensi Kaukus Perempuan Politik Indonesia

“Kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan dunia yang semakin cepat, terlebih dalam penguasaan teknologi,” jelasnya.

Diharapkan dalam kegiatan ini, mahasiswa Jisipol dapat lebih peka mengenai isu politik global dan dapat memiliki daya saing dalam skala global.

“Di era sekarang, persaingan menjadi hal yang tidak bisa dihindari, untuk itu Mahasiswa Jisipol harus dapat beradaptasi dan peka terhadap isu-isu politik yang ada,” tambahnya.

Jika hal itu dimiliki, maka setelah lulus nanti, mahasiswa Jisipol dapat bersaing dalam dunia kerja yang semakin sulit.

Para mahasiswa sendiri tampak antusias mengikuti kuliah umum dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

Share :

Baca Juga

Berita

Kemendagri Apresiasi Tanjab Barat dalam Kerjasama Daerah

Berita

Wabup Hairan Safari Ramadhan Kunjungi Desa Tanjung Paku

Berita

Wabup Hairan Ikuti Rakor Vaksinasi Serentak Bersama Kapolri Secara Virtual

Berita

Launching Program Bina Desa, PMII STAI An-Nadwah Dukung Pemkab Berantas Buta Aksara Al-Qur’an

Berita

Bupati Anwar Sadat Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Berita

Bupati Hadiri Ekspose Peluang Investasi di Kabupaten Tanjab Barat

Berita

Bupati hadiri kegiatan Book Launching serta Doa Untuk Bangsa

Berita

Bupati Anwar Sadat Ingatkan Kades Pentingnya Nilai Kemanusiaan dalam Bertugas