YTUBE
Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa Anwar Sadat Apresiasi Peran LDII dalam Syiar Islam di Tanjab Barat Anwar Sadat Kembali Gelar Nobar Timnas Indonesia, Sediakan Doorprize Pemkab Tanjab Barat Peringati ‘May Day’ dengan Sosialisasi dan Baksos

Home / Daerah / Tanjab Barat

Rabu, 15 Februari 2023 - 14:33 WIB

Forum OPD Kominfo Satukan Persepsi untuk Percepat Digitalisasi Tanjab Barat

Pelaksanaan Forum OPD Kominfo Tanjab Barat Tahun 2023.

Pelaksanaan Forum OPD Kominfo Tanjab Barat Tahun 2023.

Kuala Tungkal, pesisirjambi.id – Pelaksanaan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tanjung Jabung Barat bersama para Camat lingkup Pemkab Tanjab Barat dan stake holders, yang diadakan di Aula Kantor Dinas Kominfo, Rabu, (15/2), sukses menyatukan persepsi untuk percepat digitalisasi di Kab. Tanjab Barat.

Kepala Dinas Kominfo Tanjab Barat, Joan Prayuda, SE., MM dalam sambutannya menyampaikan Forum OPD ini bertujuan menyatukan persepsi dan kolaborasi antara Dinas Kominfo dengan OPD terkait dan pemerintah kecamatan terhadap perencanaan dan pelaksanaan tugas pokok serta fungsi Bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik agar dapat berjalan sinergi dan searah.

“Forum ini untuk mempertajam program dan kegiatan untuk mensukseskan visi dan misi Bupati yang sudah tertuang dalam dokumen RPJMD. Dinas Kominfo terkait isu-isu yang menjadi urusan diskominfo diantaranya urusan Komunikasi dan Informasi, Urusan Persandian dan Urusan Statistik yang akhirnya akan melahirkan rekomendasi yang ditandatangani seluruh peserta yang hadir,” ujarnya.

“Rekomendasi ini selanjutnya akan diimplementasikan melalui kebijakan pada setiap tataran pemerintah daerah sehingga tugas dan fungsi Komunikasi dan Informatika berjalan optimal,”terangnya.

BACA JUGA  Tabligh Akbar Bersama UAS, Wabup Resmikan Panti Asuhan dan Dhuafa

Selanjutnya Joan Prayuda memaparkan 5 Program dan 12 Kegiatan yang telah menjadi Rencana Kerja Awal Dinas Kominfo Tanjab Barat dalam aplikasi SIPD. Yang lebih memfokuskan ke perkembangan Teknologi Informasi (IT) dan digitalisasi sektor layanan pemerintah. “Dari mulai penganggaran tahun 2023 kita telah berupaya mengusulkan interkoneksi jaringan intranet hingga ke kecamatan. Agar digitalisasi dalam berbagai layanan pemerintahan Tanjab Barat bisa terlaksana yang akhirnya bertujuan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh hak layanan dari pemerintah. Namun karena keterbatasan anggaran belum bisa terpenuhi, mudah-mudahan tahun 2024 bisa terlaksana,” terangnya.

Menurut Joan digitalisasi tentu harus berbanding lurus dengan penyediaan sarana telekomunikasi berbasis Internet yang menjadi entry point bagi kita untuk masuk dalam layanan pemerintahan. “Saya berharap Bapak/Ibu khususnya yang dari kecamatan bisa bersinergi untuk mendukung kami dalam program ini. Kami juga akan bergerilya di pusat lewat Aplikasi PASTI BAKTI, menghubungi beberapa provider agar bisa menghadirkan menara-menara Telekomunikasi,” bebernya.

Dalam sesi diskusi beberapa peserta Forum OPD sepakat dan setuju agar program internet hingga ke seluruh kecamatan bisa dilaksanakan di tahun 2024 dan menjadi rekomendasi dalam berita acara Forum OPD. Seperti yang diungkapkan H. Ahmad, Kabid Pajak Bapenda Tanjab Barat, menurutnya saat ini Bapenda dalam pemungutan pajak sudah menggunakan aplikasi, dengan internet hingga kecamatan tidak wajib pajak tidak perlu repot lagi ke Kuala Tungkal. Karena kadang operasional ke Tungkal lebih besar dari nominal pajak yang dibayarkan.

BACA JUGA  Wabup Hadiri Pelantikan PWI Kabupaten Tanjab Barat

Hal yang sama juga diungkapkan peserta dari BKPSDM, mengingat sekarang pemkab sudah menerapkan aplikasi SIMEKA dalam presensi dan penghitungan TPP PNS. Namun masih banyak PNS yang berada di kecamatan kesulitan karena masih belum ada internet. Sementara perwakilan dari kecamatan berharap daerah yang masih blank spot sinyal telepon dan internet bisa secara bertahap dikurangi.

Semua usulan program dan permasalahan yang disampaikan kemudian dimasukan dalam berita acara forum OPD yang kemudian disampaikan ke Bappeda Tanjab Barat sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Dinas Kominfo Tanjab Barat Tahun 2024.(/*)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Anwar Sadat Terima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha

Pemerintahan

Wakil Bupati Tanjab Barat Hadiri Kick Off Rakornas P3PD

Berita

Sambangi Petugas Pertamanan, Syufrayogi Syaiful Ikut Tanam Bibit Dijalur Median Parit Gompong

Berita

Pemkab Tanjab barat Raih Penghargaan Penurunan Angka Stunting

Berita

Musda KNPI Bungo Sukses Digelar, M. Arqon Optimis Ketua Terpilih Representatif Persatuan Pemuda Bungo

Berita

Bupati Tanjab Barat Buka Perkemahan Bakti Cabang Ke-2 Saka Bakti Husada

Berita

Dukung Timnas Indonesia, Anwar Sadat Adakan Nobar Semifinal Piala Asia U23

Berita

Bupati Anwar Sadat Hadiri Peresmian Jargas Rumah Tangga