•    YTUBE
Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa Anwar Sadat Apresiasi Peran LDII dalam Syiar Islam di Tanjab Barat Anwar Sadat Kembali Gelar Nobar Timnas Indonesia, Sediakan Doorprize Pemkab Tanjab Barat Peringati ‘May Day’ dengan Sosialisasi dan Baksos

Home / Ekonomi / Tanjab Barat

Minggu, 12 Februari 2023 - 23:26 WIB

Kolaborasi Komunitas dan Pemuda Sukses Wujudkan Hunian Layak di Kuala Tungkal

KUALATUNGKAL, pesisirjambi.id – Kolaborasi Komunitas Sedekah Seribu Sehari (S3), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Hijabers Momm Comunity (HMC) dan Gerakan Jumat Berkah (GJB) yang berada di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat sukses melaksanakan program Bedah Rumah dan wujudkan hunian layak untuk masyarakat kurang mampu.

Program bedah rumah yang dimulai sekitar 2 minggu yang lalu secara gotong royong oleh 4 komunitas tersebut sukses mewujudkan hunian layak untuk Pak Arbain, warga di daerah Pangkal Babu, desa Tungkal I kecamatan Tungkal Ilir. Rasa haru dan bahagia tampak dari Pak Arbain saat penyerahan kunci secara simbolis yang dilaksanakan Minggu, (12/2/23).

Foto: Rumah sebelum dan setelah sukses dibedah.

Diungkapkan Ketua S3, Nurjanah sebelum di bedah rumah Pak Arbain sangat memprihatinkan dan tidak layak huni. “Sebelumnya atap rumah bolong-bolong, lantainya lapuk dan tidak memiliki kamar. Mereka hidup dan tinggal di ruang yang sempit secara bersamaan dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 5 orang. Dan ini sangat tidak sehat dan tidak layak,” ujarnya setelah penyerahan kunci rumah.

BACA JUGA  Safari Ramadan di Bram Itam Raya, Bupati Sampaikan Fokus Benahi Infrastruktur Pertanian

“Hal inilah yang membuat S3 Kuala Tungkal berinisiatif untuk melaksanakan bedah rumah dengan mengajak komunitas lainnya untuk ikut andil di program bedah rumah. Bersama KNPI, HMC dan GJB, sebagai wujud kepedulian terhadap warga yang kurang mampu di kab. Tanjab Barat,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua KNPI Tanjab Barat Dadang Aulia menyampaikan program bedah rumah sejalan dengan program kerja KNPI Tanjab Barat. “KNPI sudah merencanakan bedah rumah ini sebelumnya. Dengan kolaborasi bersama komunitas program ini semakin cepat terealisasi. Dalam waktu dekat kita akan lanjutkan lagi dengan rumah lainnya. Harapan kita hunian tidak layak semakin berkurang dan kalau bisa tidak ada lagi di Tanjab Barat,” ujarnya.

BACA JUGA  Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023

Saat penyerahan kunci, Pak Arbain yang diwakili pihak keluarga Pak Umar menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan yang telah dilakukan oleh KNPI bersama komunitas sosial gerakan S3, HMC dan GJB.

“Semoga dengan telah ditempati rumah ini, tentunya kami berharap kehidupan akan lebih baik lagi kedepannya. Selanjutnya, kami meminta maaf dan minta halal atas pemberian makanan yang sudah diberikan kepada Pak Arbain dan warga yang ikut berogotong royong selama bekerja membedah rumah,” pungkasnya. (*/)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Pemkab Tanjab Barat Peringati ‘May Day’ dengan Sosialisasi dan Baksos

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Hadiri Sertijab Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi

Berita

Waki Bupati Tutup Secara Resmi MTQ ke-50 Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Berita

Diapresiasi Ombudsman Jambi, Tanjab Barat Tuan Rumah Festival Pelayanan Publik

Berita

Bupati Tanjab Barat Buka Secara Resmi Workshop Kerja Sama dalam Negeri

Pemerintahan

Ranperda APBD-P 2023 Disahkan, Bupati Tanjab Barat Apresiasi DPRD

Berita

Bupati Tanjab Barat ikuti Rakor Pemberantasan Korupsi

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Tanggapi Pandangan DPRD atas Rancangan APBD 2024