YTUBE
Serahkan 1.467 SK, Anwar Sadat Harap Dedikasi PPPK untuk Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Buka Pelatihan Berbasis Kewirausahaan Membatik 2024 Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa Anwar Sadat Apresiasi Peran LDII dalam Syiar Islam di Tanjab Barat

Home / Pemerintahan / Tanjab Barat

Jumat, 11 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjab Barat Ke-58

PESISIRJAMBI.id – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat gelar upacara peringatan Hari Jadi ke-58 Tahun Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan mengusung tema “Terus Ikthiar untuk Tanjung Jabung Barat Berkah.” Kamis (10/8/2023).

Tema tersebut, dilatar belakangi atas pencapaian yang diraih, menjadikan posisi Kabupaten Tanjung Jabung Barat berdaya saing, situasi ekonomi dan sosial yang sulit akibat pandemi covid-19 beberapa tahun lalu telah dihadapi dan situasi ekonomi yang belum pulih, untuk itu terus ikthiar membangun Kabupaten Tanjab Barat lebih baik.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag dalam amanatnya menyampaikan, Tranformasi digital yang sedang dirasakan saat uni memberikan tantangan dan peluang bagi perkembangan perekonomian kedepan. Disatu sisi, digitalisasi, otomatis dan penggunaan kecerdasan buatan dalam aktivitas ekonomi akan meningkat membantu proses pembangunan diberbagai bidang diantarnya pendidikan melalui distance learning, Pemerintahan melalui e-government.

Akan tetapi, disisi lain perkembangan digitalisasi berpotensi menyebabkan hilangnya pekerjaan didunia, Maka dari itu Pemkab Tanjab Barat perlu mempersiapkan sumber daya manusi (SDM) dan infrastuktur sebagai upaya mengadopsi kemajuan teknologi digital agar Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat memanfaatkan kamajuan teknologi digital bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup.

BACA JUGA  Pemkab Tanjab Barat Siapkan Langkah Strategis Penanganan Bencana

Ia menambahkan, perkembangan ekonomi dari dua tahun lalu di tahun 2021 hingga 2023, kondisi perekonomian Kabupaten Tanjab Barat menunjukkan perkembangan yang baik, dapat dilihat dari indikator makro Kabupaten, dari 1,36 persen ditahun 2021 meningkat menjadi 2,56 persen ditahun 2022.

Selain perekonomian, dirinya menyebutkan kualitas sumber daya manusia juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan nilai indeks pembangunan manusia yang meningkat dari tahun sebelumnya. Kemudian dari sisi infrastuktur penambahan jaringan listrik di desa-desa Kecamatan Seberang Kota dan Kecamatan Kuala Betara juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya 94,64 persen menjadi 95,64 persen ditahun 2022.

Selain itu, dari sisi kesehatan penurunan stunting begitu dratis dari prevalensi stunting 19,8 persen ditahun 2021 menjadi 9,9 persen ditahun 2022. Prestasi penurunan ini mendapatkan penghargaan dari Gubenur Jambi dan Dirjen Bina Bangda Kemendagri R.I. Disisi tata kelola keuangan juga mendapatkan wajar tanpa pengecualian  ( WTP ) atas laporan keuangan sebanyak lima kali. Dibidang olahraga mengalami peningkatan perolehan medali. Dibidang ke agamaan seperti MTQ juga mengalami peningkatan.

BACA JUGA  Anwar Sadat Undang Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta ke Tanjab Barat

“Saya berharap, peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke 58 tahun ini dapat menjadi suatu momentum dan evaluasi bagi kita semua terutama para pemangku kepentingan untuk terus melakukan perubahan dan perbaikan dalam segala aspek.” Pungkasnya

Usai pelaksanaan upacara tersebut, Bupati Tanjab Barat bersama SKK Migas dan PetroChina International Jabung Ltd menandatangani MOU Dukungan Aktif terhadap Pembangunan Daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Penandatanganan PKS Pemberian Beasiswa untuk Siswa Miskin dan Siswa Berprestasi , sekaligus juga penyerahan beasiswa serta santunan Kematian dari BPJS Ketenaga kerjaan.

Upacara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Ketua/ Wakil Ketua dan para anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, para Asisten, Seluruh Kepala OPD, Pejabat Administrasi, Pejabat Pengawas, Fungsional, Ketua GOW Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ketua DWP Kabupaten Tanjab Barat para Pendiri dan pejuang Kabupaten Tanjung Jabung Barat, ASN dan Non ASN dan undangan lainnya.(*/)

 

Share :

Baca Juga

Berita

Serahkan 1.467 SK, Anwar Sadat Harap Dedikasi PPPK untuk Tanjab Barat

Berita

Bupati Targetkan Nilai SAKIP Tanjab Barat Kembali Meningkat

Pemerintahan

Buka Pendampingan Teknis Aplikasi E-Sakip, Bupati Targetkan Nilai A

Pemerintahan

Tingkatkan Sinergitas, Pemkab Tanjab Barat dan Kemenkumham Jambi Teken MOU

Berita

Pemkab Tanjab Barat Peringati May Day dengan Silaturahmi dan Baksos

Berita

13 Kecamatan di Tanjab Barat Terhubung Layanan Internet

Berita

Anwar Sadat Tegaskan APIP Harus Jadi Role Model dalam Pemerintahan

Berita

Pemkab Tanjab Barat Bakal Bantu 6000 Guru Ngaji dan Madrasah di 2024