YTUBE
Pejabat Tanjabbar Diklat Revolusi Mental, Anwar Sadat: Ikhtiar Membangun Karakter ASN Serahkan 1.467 SK, Anwar Sadat Harap Dedikasi PPPK untuk Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Buka Pelatihan Berbasis Kewirausahaan Membatik 2024 Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa

Home / Pemerintahan / Tanjab Barat

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 17:05 WIB

Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional Pemkab Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL, pesisirjambi.id Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443H / 2021M dan Hari Santri Nasional tahun 2021 Pemkab Tanjab Barat dipusatkan di Masjid Syekh Utsman Tungkal. Sabtu (23/10).

Kegiatan diikuti langsung Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag didampingi Ketua TP-PKK Ny. Hj. Fadhillah Sadat. Turut hadir Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta tamu undangan lainnya.

Mengawali sambutannya Bupati H. Anwar Sadat menyampaikan bahwa saat ini adalah bulan yang sangat agung dan mulia dalam kalender hijriah, yaitu bulan rabiul awwal. Bulan dimana nabi besar Muhammad SAW dilahirkan kemuka bumi, sosok manusia paling mulia yang dilengkapi dengan kesempurnaan jiwa, akhlak dan akal, agar beliau menjadi panutan dan teladan terbaik bagi seluruh umat manusia.

Bupati berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta meneladani akhlak dan cinta kepada Rasulullah SAW.

BACA JUGA  Tanjab Barat Terbaik 1 Penurunan Stunting se-Provinsi Jambi

“Selain peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari ini kita juga melaksanakan peringatan Hari Santri Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah setiap tanggal 22 Oktober. Peringatan Hari Santri Nasional ini bertujuan untuk mengenang jasa dan peran ulama, Kiai dan kaum santri dalam merebut kemerdekaan melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari Kiai H. Hasyim Asyari,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan di era seperti sekarang ini, para santri juga memiliki banyak kontribusi dalam masyarakat diantaranya adalah dalam membimbing praktik keagamaan di masyarakat hingga turut andil mengambil peran penting dalam lembaga pemerintahan. Adanya peran dan andil dari santri maupun tokoh-tokoh besar itulah yang membuat Pemerintah menilai hari santri sangat penting untuk ditetapkan.

“Melalui peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H dan peringatan Hari Santri Nasional Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat 2021M, saya mengajak kepada kita semua agar menjadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk meneladani ucapan dan tindakan Nabi Besar Muhammad SAW karena beliau telah memberikan tuntunan serta keteladanan dalam mewujudkan pribadi yang unggul dan kehidupan masyarakat yang beradab,” ajaknya.

BACA JUGA  Terpilih Nahkodai Pemuda Pancasila Tanjab Barat, Syufrayogi Siap Kolaborasi dengan Semua Pihak

“Sekaligus momentum mengobarkan spirit santri dan pesantren dalam menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat serta ajang untuk meningkatkan tali silaturahim dan memperkuat ikatan rasa persaudaraan kita sebagai umat beragama dalam suasana kebersamaan dan upaya untuk meningkatkan peran umat Islam menuju Islam yang rohmatan lil lamin ,Islam yang membawa rahmat bagi semesta alam.” tambah Bupati.

“Kami juga berharap partisipasi dan dukungan masyarakat dalam rangka mensukseskan program kerja pemerintah baik yang bersifat pembangunan fisik maupun pembangunan karakter mental dan spiritual masyarakat Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan dan meridhoi segala usaha dan ikhtiar yang kita lakukan,” tutupnya

Dilanjutkan dengan penyampaian ceramah  yang diisi oleh KH. Anwar Ardabili, dengan tema Maulid Nabi Muhammad SAW.(RT)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat Buka Perkemahan Bakti Cabang Ke-2 Saka Bakti Husada

Berita

Berhasil Tangani Stunting, Pemkab Tanjab Barat Raih Platinum Award IHIA 2023

Pemerintahan

Prestasi Tanjab Barat dalam Penurunan Stunting Diapresiasi BKKBN Provinsi Jambi

Pemerintahan

Pejabat Tanjabbar Diklat Revolusi Mental, Anwar Sadat: Ikhtiar Membangun Karakter ASN

Berita

Bupati Tanjab Barat Safari Jumat di Masjid Baitul Makmur Sungai Haji

Berita

Bupati hadiri kegiatan Book Launching serta Doa Untuk Bangsa

Pemerintahan

Wabup Tanjab Barat Hadiri Rakornas PBJ Pemerintah 2023

Berita

Bupati Buka Rapat Evaluasi Pencegahan dan Penanggulangan Stunting TA 2022