•    YTUBE
Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa Anwar Sadat Apresiasi Peran LDII dalam Syiar Islam di Tanjab Barat Anwar Sadat Kembali Gelar Nobar Timnas Indonesia, Sediakan Doorprize Pemkab Tanjab Barat Peringati ‘May Day’ dengan Sosialisasi dan Baksos

Home / Berita / Peristiwa / Tanjab Barat

Minggu, 26 Maret 2023 - 14:38 WIB

Pembukaan Arakan Sahur Meriah, Bupati Harap Bisa Jadi Even Nasional

Gubernur Jambi Al Haris didampingi Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat saat membuka secara resmi tradisi Arakan Sahur. (Foto fb Tiyan Bastian)

Gubernur Jambi Al Haris didampingi Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat saat membuka secara resmi tradisi Arakan Sahur. (Foto fb Tiyan Bastian)

KUALATUNGKAL, pesisirjambi.id Tradisi arakan sahur sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan warga di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi selama Ramadan. Tradisi ini juga menjadi wisata religi didaerah ini.

Tradisi arakan sahur sudah dilaksanakan oleh masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sejak 1966. Sudah 57 tahun tradisi ini digelar hingga momentum sahur di Tanjabbar Jambi itu lebih terasa kemeriahannya selama bulan Ramadan.

Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat mengungkapkan tahun ini arakan sahur semakin impresif dengan tampilan kreasi dan koreografi anak-anak muda Tanjab Barat yang luar biasa.

“Anak-anak muda ini kita harapkan terus mengembangkan kreasi arakan sahur menjadi budaya dan kekayaan lokal,” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas kehadiran gubernur Jambi yang bersedia hadir dan membuka secara resmi kegiatan ini.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa

“Mudah-mudahan dengan apresiasi Pak Gubernur even arakah sahur ini menjadi even tingkat provinsi dan bisa dijual di skala nasional. Terimakasih atas kehadiran Bapak Gubernur di kegiatan arakan sahur Tanjab Barat,” ujarnya.

Sementara Gubernur Jambi, H. Al Haris menyebutkan dirinya sengaja hadir di bumi Serengkuh Dayung, Serentak ke Tujuan lantaran ingin melihat semangatnya anak-anak remaja masjid dalam membangunkan warga sahur di bulan Ramadan serta memeriahkan bulan puasa pasca pandemi.

“Mudah-mudahan ini tidak jadi ceremonial saja, oleh karena itu kita berharap anak-anak kita selama Ramadan ini dapat melaksanakan kegiatan yang sangat baik ini. Kita harus terus mensuport kegiatan tradisi ini,” terang Al Haris.

Al Haris juga mengatakan jika pada masa pandemi Covid-19 tradisi arakan sahur ini juga sempat ditiadakan. Namun tahun ini tradisi ini kembali dilakukan dengan sangat meriah.

BACA JUGA  KNPI Tanjab Barat Minta Polisi Gerak Cepat Tangkap Pelaku Begal Payudara

Dia juga menginginkan dengan adanya tradisi arakan sahur ini nantinya bisa menjadi daya tarik warga lokal untuk berkunjung ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi. Meski arakan sahur ini akan dilaksanakan selama 4 kali dalam 1 minggu tentunya ini menjadi tradisi yang dinanti masyarakat Jambi.

“Akhirnya kata kami sampaikan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim selama bulan Ramadan ini saya resmikan tradisi arakan sahur itu di buka,” tutupnya.

Diketahui, dalam tradisi arakan sahur itu para remaja yang ikut hadir dalam memeriahkannya akan diberikan hadiah oleh Pemkab setempat serta Gubernur Jambi Al Haris, bagi peserta yang berhasil menjuarai tradisi ini mereka akan menerima hadiah yang sudah disediakan.(*/)

Share :

Baca Juga

Berita

Penanganan Stunting Tanjab Barat Terbaik Se-Provinsi Jambi

Pendidikan

Bupati Tanjab Barat Buka Festival Panen Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak

Berita

Bupati Lepas Tim Sepak Bola Tanjab Barat Dalam Rangka Mengikuti Turnamen Gubernur Cup

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Apresiasi Fasilitasi Penyusunan Perkada Tentang Perhutanan Sosial

Berita

Wabup Hairan Hadiri Paripurna Kedua DPRD Tanjab Barat

Berita

Bupati Tanjab Barat ikuti Rakor Pemberantasan Korupsi

Berita

Anwar Sadat Tinjau Langsung Pembagian Bansos Sembako

Berita

Sambangi Petugas Pertamanan, Syufrayogi Syaiful Ikut Tanam Bibit Dijalur Median Parit Gompong