•    YTUBE
Serahkan 1.467 SK, Anwar Sadat Harap Dedikasi PPPK untuk Tanjab Barat Bupati Tanjab Barat Buka Pelatihan Berbasis Kewirausahaan Membatik 2024 Pemkab Tanjab Barat Raih Opini WTP Keenam Kali Berturut-turut Bupati Tanjab Barat Akan Naikan Gaji Aparat Desa Anwar Sadat Apresiasi Peran LDII dalam Syiar Islam di Tanjab Barat

Home / Berita / Jambi

Senin, 11 Oktober 2021 - 01:03 WIB

Kenalkan Buku Sejarah dan Filosofi Batik Jambi

JAMBI, pesisirjambi.id – Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Hesti Haris, SE membuka Acara Peringatan Hari Batik Nasional dengan Tema “Kita dan Batik Jambi” sekaligus Launching Buku Sejarah dan Filosofi Motif Batik Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (09/10).

Hj. Hesti mengatakan bahwa perkembangan Batik dijambi dari masa ke masa sangatlah menggembirakan dan sampai saat ini sudah terdapat 338 pengusaha batik yang tersebar di kab/kota se Provinsi Jambi.

Masing-masing dengan ciri khas motif dan warna sesuai dengan kearifan lokal yang mencerminkan budaya dan potensi di daerah masing-masing. Sebagai contoh motif angso duo yang mengandung sejarah awal mula kota jambi. Dan Motif Rumah Tuo dikabupaten merangin merupakan rumah bersejarah dengan adat budaya yang sangat kental bagi penduduk sekitar.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Resmikan Pos Damkar Kecamatan Tebing Tinggi

“Begitu juga kabupaten/kota lainnya yang sebenarnya ingin saya sampaikan semua, namun waktunya terbatas. Secara umum Bahwa batik di Provinsi Jambi tidaklah sekedar kain bermotif tapi mengandung makna dan filosopi yang diwarnai dengan khas,” ujarnya.

BACA JUGA  Tanjab Barat Menuju Generasi Emas Bebas Stunting 2025

“Banyak ditemukan kain kuno berwarna merah, merah marun, hitam, biru tua, dan kuning dengan pewarna alam sebagai bukti sejarah batik jambi. Hingga muncullah ide dari penulis dan menerbitkan Buku Sejarah dan Filosofi Motif Batik Jambi,” jelasnya.

“Saya Berharap ada semangat dan energi dari pembatik sehingga bisa membuat kemajuan batik yang ada dijambi yang menjadi harapan kita dan pengrajin sehingga kita semakin bangga memakai batik jambi” tutupnya. (RT)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat Terima Audiensi Kaukus Perempuan Politik Indonesia

Berita

Bupati Anwar Sadat Hadiri Kegiatan Bimtek ARKAS Tahun Anggaran 2023

Berita

Bupati Tanjabbar Hadiri Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2023

Berita

Ditemui Anwar Sadat, Mendag Janji Bawa Isu Harga Pinang di G20 Summit India

Berita

Haul Datuk H. Hasip Kalimuddin Syam bin Sya’ib Diramaikan Tokoh Provinsi Jambi

Berita

Bupati Tanjab Barat Tinjau Pasar Beduk Ramadan

Berita

Menuju Smart City, Pemkab Tanjab Barat dan Polres Pasang CCTV di Area Publik

Berita

Anwar Sadat Pastikan Jalan Simpang BGP – Batas Kota Kuala Tungkal Mulai Diperbaiki